Kapan Harus Ganti Busi Mobil? Lihat Panduannya

25 Mei 2020 22.56

Bagi Anda pengendara mobil, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai memperhatikan kondisi busi pada mobil Anda. Banyak orang hanya memperdulikan kondisi mobil yang umum seperti oli, aki, filter bensin, dan rem. Tapi tahukah Anda bahwa busi merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan?

Busi bisa menjadi tanda bahwa kondisi mobil Anda sedang dalam performa yang baik atau tidak. Telat dalam melakukan penggantian busi dapat menyebabkan kerusakan fatal dan berantai pada komponen kelistrikan mobil Anda. Perhatikan lah tanda - tanda yang muncul untuk mengganti busi mobil Anda.

Busi pada mobil adalah part penting dalam sistem pembakaran mesin pada mobil Anda sehingga mobil bisa beroperasi. Setiap mobil memiliki jumlah busi yang berbeda - beda tergantung dari jumlah silinder yang ada pada mobil tersebut. Terdapat tiga tipe busi yang biasa digunakan pada mobil yaitu busi standar, busi platinum, dan busi iridium. Harga busi iridium yang paling mahal, namun juga yang memiliki ketahanan paling lama.

Selain melihat kondisi busi itu sendiri, biasakan juga untuk melakukan pengecekan pada kabel busi Anda. Karena ada kemungkinan kabel busi Anda juga bermasalah dan dapat mempercepat rusaknya busi itu sendiri.

 

Jadwalkan Tune Up Mesin >>


Pengukuran kondisi busi yang baik dan tidak bisa dilakukan saat Anda menggunakan kendaraan Anda pada kondisi menanjak. Saat menanjak, jika Anda merasakan kompresi mesin yang tidak seimbang dan kekuatan mesin yang terasa berat dan tidak seimbang dengan putaran gas, maka besar kemungkinan percikan busi yang ditimbulkan pada bagian pembakaran sudah tidak lagi normal.

Hal lain yang bisa Anda jadikan sebagai tanda untuk melakukan penggantian busi adalah ketika Anda sudah mulai kesulitan melakukan starter mobil Anda. Busi berperan dalam pembakaran mesin dengan bahan bakar, sehingga jika mobil Anda mengalami kesulitan starter, besar kemungkinan busi pada mobil Anda sedang bermasalah.

Perubahan warna pada busi juga bisa menjadi tanda bagi Anda, jika warna busi Anda sudah berubah menjadi gelap atau kecoklatan, ada baiknya untuk Anda segera melakukan penggantian busi.

Busi yang berwarna gelap diakibatkan oleh pembakaran mesin mobil yang kurang sempurna sehingga menyisakan jelaga berwarna hitam pekat pada elektroda dan ujung busi. Kondisi busi yang seperti ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam menyalakan mobil ketika mobil dalam keadaan dingin. Mesin yang sulit menyala dalam keadaan dingin akan menyulitkan jika Anda sedang dalam kondisi terburu - buru.

Sedangkan busi yang berwarna kecoklatan menandakan masa penggunaan busi sudah hampir berakhir dan harus segera diganti. Jika busi berwarna kemerahan atau kuning berarti mobil Anda mengalami pemanasan yang berlebihan, lakukan juga pengecekan pada bagian pendingin.

Gejala - gejala lain yang juga bisa Anda perhatikan terkait kondisi busi pada mobil Anda adalah bagaimana lampu cek engine menyala, apakah ada kegagalan mesin, apakah konsumsi bahan bakar mobil Anda terlampau boros daripada biasanya, dan apakah terasa getaran saat Anda menyalakan mobil Anda.

Hal diatas merupakan salah satu tanda yang perlu Anda waspadai dan sebaiknya Anda segera melakukan service beserta penggantian busi lama dengan busi yang baru. Banyaknya komponen yang saling berhubungan dengan busi menggambarkan betapa pentingnya peran busi pada mesin kendaraan Anda.

Anda bisa melakukan penggantian busi setiap 2 kali ganti oli, hal ini juga sebaiknya dilakukan secara rutin. Namun, oli bukanlah satu - satu nya ukuran bagi Anda untuk melakukan penggantian busi. Anda juga bisa mulai mengganti busi ketika Anda sudah memasuki kilometer 10.000 - 20.000.

 

Jadwalkan Tune Up Mesin >>


Mengapa Anda disarankan untuk melakukan penggantian pada kilometer 10.000 - 20.000 ? hal ini dikarenakan pada kilometer tersebut, mobil Anda juga membutuhkan pembersihan kerak karbon yang menempel pada mesin. Busi pada mobil Anda masih bisa bertahan hingga kilometer 45,000 namun untuk proses pencegahan akan lebih baik jika Anda tidak menunggu busi Anda aus untuk penggantian nya.

Mulailah untuk memeriksakan busi mobil Anda secara rutin dibarengkan dengan service oli dan juga bagian lainnya, sehingga penanganan nya akan cepat dan tidak menimbulkan masalah bagi kendaraan Anda. Anda dapat melakukan penggantian busi mobil di bengkel resmi maupun bengkel umum.

Otomall.id juga menyediakan layanan penggantian busi bagi Anda. Kunjungi website kami dan temukan layanan penggantian busi untuk mobil Anda.

Jangan menunggu kerusakan pada busi dan mesin Anda semakin parah untuk pergi ke bengkel atau tempat service. Lakukan semua pemeriksaan secara rutin, dan gantilah onderdil mobil Anda sebelum rusak sebagai langkah pencegahan agar Anda tetap dalam kondisi aman saat berkendara. Terutama untuk Anda yang banyak melakukan perjalanan jauh, hal - hal seperti diatas sangat penting untuk diperhatikan.

Kembali

Apakah anda menyukai artikel ini?

Customer Reviews

Apa kata pelanggan yang telah mencoba servis menggunakan Otomall

Yanto, Fortuner 2017

Harga servis rutin di Otomall.id beneran beda jauh dibandingkan di luaran. Keahlian mekanikpun sangat memadai.

Andi, Agya 2015

Variasi parts yang disediakan lengkap, ada jaminan ori juga. Cukup puas, bakal pakai lagi untuk mobil kedua saya.