Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil?

4 Agustus 2020 10.37

Sistem pengereman mobil dipengaruhi oleh beberapa komponen yaitu booster, piston, blaking plate dan kampas rem. Kampas rem merupakan salah satu komponen mobil yang sangat vital keberadaannya karena berkaitan dengan sistem pengereman mobil yang mana sangat berpengaruh terhadap keselamatan saat berkendara.

Untuk itu, pemilik mobil harus melakukan pengecekan secara rutin. Karena semakin sering mobil digunakan maka kinerja rem akan menurun. Berikut ini penjabaran mengenai fungsi kampas rem yang perlu pemilik kendaraan ketahui.

  1. Mengatur Pengereman

Fungsi utama kampas rem adalah untuk mengatur laju roda pada kendaraan. Komponen yang ada pada kampas rem berguna untuk mengatur sistem pengereman. Jadi sistem pengereman terlibat saat mobil sedang melaju dan ingin berhenti.

Bukan hanya itu, kampas rem juga memengaruhi laju kecepatan mobil. Jadi jika tidak ada kampas rem maka laju kendaraan akan sulit dikendalikan dan bahkan tidak dapat berhenti. Karena itu, komponen kampas rem tentu dapat meningkatkan keamanan bagi pengendara mobil.

  1. Memudahkan Saat Pengereman Mendadak

Fungsi lain dari kampas rem adalah untuk mengatur sistem pengereman. Dengan adanya kampas rem, pengemudi dapat lebih mudah saat melakukan pengereman mendadak. Yang tentu hal tersebut dapat meminimalisir kecelakaan. Karena itu, pemilik kendaraan harus benar-benar memerhatikan kondisi kampas rem mobilnya.

  1. Mempermudah Melalui Medan Menanjak Atau Menurun

Jika kampas rem dalam kondisi yang baik maka saat kendaraan melaju di medan yang menurun atau menanjak, maka pengendara tidak akan menemukan kesulitan. Begitu juga jika mobil dikendarai pada jalanan yang tidak rata atau belum tertutup aspal. Jadi jika pemilik mobil rutin melakukan pengecekan kampas rem dan menggantinya di saat yang tepat maka, pengendara tidak perlu khawatir mengenai kondisi jalanan tersebut.

 

Ganti Rem Pakai Harga Promo >>

 

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Kampas Rem?

Dari penjelasan diatas, keberadaan kampas rem sangat vital bagi kendaraan. Untuk itu, pemilik mobil harus segera mengganti kampas rem jika dirasa sudah waktunya untuk diganti. Bagi Anda yang tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem, berikut tanda kampas rem sudah habis dan harus diganti.

  1. Adanya Getar Saat Rem Diinjak

Saat kampas rem sudah habis, maka saat mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, pengendara akan merasakan getaran saat menginjak rem dan pedal. Getaran tersebut disebabkan oleh kampas rem yang habis memiliki permukaan yang tidak rata sehingga cengkramannya pada piringan cakram rem jadi tidak sempurna hingga membuat getaran pada pedal.

Getaran itu bisa menjalar hingga ke setir mobil jika kondisi kampas rem sudah semakin parah. Jika sudah mengalami hal tersebut, segera lah membawa mobil Anda ke bengkel untuk ganti kampas rem mobil.

  1. Saat Pengereman Muncul Suara

Selain muncul getaran, tanda lainnya yang mengindikasikan kampas rem sudah mulai habis adalah munculnya suara seperti gesekan logam saat pengendara melakukan pengereman. Suara tersebut terdengar seperti gesekan antara besi dan seng karena kampas rem yang sudah habis maka hanya menyisakan bagian besinya saja. Suara tersebut timbul dari gesekan dengan cakram rem.

  1. Injakan Pada Pedal Rem Terasa Dalam

Saat pengendara merasakan pijakan pada pedal rem semakin dalam, itu bisa mengindakasikan jika kampas rem tromol yang digunakan pada bagian roda belakang sudah habis. Itu terjadi karena rem tremol memiliki pegas pengembali yang membuat piston dapat otomatis kembali ke posisi semula.

Jika kampas rem sudah mulai menipis, maka piston harus bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan. Gerakan tersebut lah yang membuat pengendara merasa pijakan pada pedal rem terasa dalam.

Selain karena kampas rem yang sudah habis, tanda ini juga mengindikasikan adanya masalah pada master rem. Untuk itu, Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk pengecekan dan juga servis rem mobil.

  1. Volume Minyak Rem Yang Berkurang

Pemilik kendaraan juga bisa mengetahui kondisi kampas rem dengan memeriksa minyak rem yang berada pada kap mobil. Jika volume minyak rem berkurang tanpa adanya kebocoran, hal tersebut menandakan jika kampas rem mobil Anda sudah mulai habis.

Itu karena kampas rem yang tipis memaksa piston untuk lebih terdorong keluar sehingga pada kaliper ruang hidrolik akan bertambah dan menyebabkan berkurangnya volume minyak rem.

  1. Rem Menjadi Tidak Pakem

Salah satu ciri yang dapat jelas dirasakan adalah rem jadi tidak begitu pakem. Dilansir dari Bukalapak, itu terjadi karena adanya penekanan kampas rem terhadap piringan tidak terlalu merata jadi luas penampang rem akan lebih keci. Hal tersebut lah yang membuat tenaga pengereman menjadi kurang maksimal meski pengendara sudah menginjak pedal rem dengan keras.

Selain karena kampas rem yang sudah habis, rem tidak pakem juga bisa disebabkan master rem yang sudah mulai rusak.

Tanda-tanda tersebut dapat dengan mudah Anda rasakan. Jika sudah merasakan tanda tersebut sudah saatnya Anda membawa mobil kesayangan ke bengkel servis rem untuk mengganti kampas rem Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat habisnya kampas rem.

Karena pengereman dapat tidak sempurna dan mengakibatkan selip terutama saat pengendara melalui jalanan licin akibat hujan. Karena itu, lakukan pengecekan kampas rem dengan rutin.

 

Seberapa Sering Kampas Rem Harus Diganti?

Penggantian kampas rem mobil sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km / 2 tahun agar kualitas pengereman serta keamanan berkendara terjaga dengan prima. Atau bisa juga saat ketebalan kampas rem sudah mencapai 2 milimeter.

Selain itu, usia kampas rem juga dipengaruhi faktor pemakaian mobil itu sendiri. Jika mobil sering digunakan ditambah sering digunakan dalam lalu lintas yang padat dan macet, maka tentu saja kampas rem akan habis semakin cepat. Untuk itu, ada kemungkinan penggantian kampas rem bisa lebih cepat yakni saat sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km.

Bagi Anda yang ingin mengganti kampas rem dengan harga murah dan dengan kualitas sparepart yang terbaik, Anda dapat melakukan booking servis rem mobil di otomall.id.

Otomall.id menjalin kemitraan khusus dengan bengkel-bengkel terpercaya pilihan, yang memastikan pelanggan bisa mendapatkan harga dan kualitas jasa yang terbaik dan termurah.

Sebagai perbandingan, harga ganti kampas rem di otomall.id untuk mobil Avanza adalah Rp 88.000, Agya Rp 113.000, Innova Rp 180.000. Untuk di bengkel resmi ganti kampas rem untuk mobil Avanza dan Agya adalah Rp 455.000, Innova  Rp 625.000. Dan di bengkel umum ganti kampas rem untuk mobil Avanza Rp 140.000, Agya Rp 220.000, Innova Rp 295.000.

Perbedaannya cukup jauh bukan?

Tak hanya itu, Otomall.id juga menyediakan berbagai brand kampas rem mobil seperti Bendix, Aspira, Mando, Brembo untuk semua varian mobil.

Anda juga tidak perlu antri, karena Anda cukup menjadwalkan servis rem mobil di otomall.id, lakukan pembayaran dan Anda dapat langsung datang ke bengkel sesuai jadwal.

Ganti Rem Pakai Harga Promo >>

Kembali

Apakah anda menyukai artikel ini?

Customer Reviews

Apa kata pelanggan yang telah mencoba servis menggunakan Otomall

Yanto, Fortuner 2017

Harga servis rutin di Otomall.id beneran beda jauh dibandingkan di luaran. Keahlian mekanikpun sangat memadai.

Andi, Agya 2015

Variasi parts yang disediakan lengkap, ada jaminan ori juga. Cukup puas, bakal pakai lagi untuk mobil kedua saya.