Komponen Mobil Yang Harus Diservis Rutin

24 Agustus 2020 14.57

Komponen Mobil Yang Harus Diservis Rutin

Memutuskan membeli mobil, berarti Anda sudah harus siap untuk membawa mobil ke bengkel untuk melakukan servis rutin. Servis rutin mobil wajib dilakukan untuk merawat mesin dan segala komponen mobil agar tetap prima dan terhindar dari kerusakan sekaligus membuat masa pakai mobil semakin panjang.

Sayangnya banyak pemilik mobil yang mengabaikan servis rutin, dengan alasan sibuk atau mahalnya servis rutin di bengkel. Biasanya pemilik mobil akan rajin servis mobil saat garansi servis masih ada, dan saat garansi sudah habis mereka akan sering terlambat membawa mobil untuk perawatan rutin di bengkel.

Padahal jika dilakukan secara teratur, servis rutin mobil tidak akan memakan biaya yang banyak. Justru jika sering ditunda, maka akan semakin banyak kerusakan yang muncul dan tentunya biaya servis akan membengkak karena banyaknya komponen mobil yang harus diganti.

Sebagai infomasi, berikut kami jabarkan komponen mobil yang harus rutin mendapatkan servis berkala.

  1. Filter Oli dan Oli Mesin

Oli memiliki fungsi vital bagi mesin mobil yakni sebagai pelumas bagian dalam mesin agar mesin dapat bekerja dengan baik serta menghindari gesekan antar komponen. Pemilik mobil tidak boleh mengabaikan waktu penggantian oli. Karena jika terlambat diganti, maka tentu kualitas oli akan menurun dan berdampak terhadap mesin.

Tanda-tanda jika oli harus diganti ialah oli berubah warna menjadi hitam pekat dan lebih kental dan suara mobil terdengar kasar. Idealnya penggantian oli mesin mobil sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km / 6 bulan s.d. 10.000 km / 1 tahun tergantung dari varian oli yang mobil gunakan. Tapi, jika mobil sering melalui lalu lintas yang padat, maka oli mobil tentu harus diganti lebih cepat dari anjuran diatas.

Bukan hanya oli, filter oli juga harus mendapatkan perhatian khusus. Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran dari gesekan komponen antar mesin serta memastikan jika oli yang melewatinya telah bersih. Jika filter oli kotor, maka tentu proses penyaringan tidak akan sempurna.

 

Ganti Oli Pakai Harga Promo >>

  1. Busi

Meski memiliki ukuran yang kecil, busi memiliki peran yang penting bagi proses pembakaran mesin mobil. Busi yang kotor akan membuat pengendara kesulitan saat menyalakan mesin mobil, bukan hanya itu busi kotor dan tidak pernah diganti juga akan membuat bensin menjadi lebih boros.

Yang lebih parah, komponen yang terkait dengan kelistrikan bisa mengalami kerusakan permanen seperti kabel busi hingga aki.

Umumnya pabrikan mobil menyarankan jika Busi harus diganti secara berkala yakni saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 hingga 20.000 km. Dan dalam waktu tersebut, busi juga tetap harus dilakukan pembersihan.

  1. Filter Udara

Filter udara berperan untuk menyaring udara yang masuk ke mobil agar udara dalam mobil bersih dari debu dan kotoran yang berasal dari luar. Banyak yang beranggapan jika filter udara hanya perlu rutin dibersihkan, padahal seharusnya filter udara juga harus diganti secara rutin.

Umumnya, filter udara harus dibersihkan saat kendaraan menempuh jarak 10.000 km. Dan filter harus diganti setelah menempuh jarak 40.000 km untuk mobil bermesin bensin dan 30.000 km untuk mobil bermesin diesel.

Namun sebenarnya, pergantian filter udara tergantung dari kondisi jalan yang dilewati mobil setiap harinya. Jika mobil sering digunakan di jalanan yang berdebu, otomatis pergantian filter udara akan lebih cepat dari jarak tempuh tersebut.

Filter udara harus diganti jika keluar asap hitam dari knalpot dan konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros.

 

Servis Rutin Pakai Harga Promo >>

  1. Filter AC

Banyak orang yang mengabaikan kebersihkan filter AC. Padahal filter AC merupakan sumber sirkulasi udara di dalam mobil. Filter udara yang tidak dibersihkan juga sudah pasti akan mengandung banyak kotoran, kotoran yang menumpuk akan membuat AC tidak terasa dingin dan tercium bau tidak enak dari dalam mobil.

Bukan hanya dibersihkan, filter AC juga harus rutin diganti. Setidaknya ganti lah filter AC setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 hingga 25.000 km.

  1. Ban Mobil

Pemilik mobil harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan terhadap ban kendaraannya. Mobil yang sering menempuh jalanan yang rusak dan berlubang akan membuat tekstur ban menipis dan presisi ban akan dengan cepat berubah. Hal itu mengakibatkan mobil akan sulit bermanuver dan berisiko menimbulkan kecelakaan.

Agar ban mobil semakin nyaman digunakan, Anda harus melakukan balancing dan spooring. Balancing merupakan proses menyeimbangkan kembali roda kendaraan sedangkan spooring adalah proses meluruskan kembali roda mobil sesuai posisi awal.

Selain itu, ban juga harus rutin diganti terutama jika ban sudah mulai menipis. Saat ingin mengganti ban, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan montir saat melakukan servis rutin mobil. Agar ban mobil yang digunakan sesuai dengan kendaraan.

  1. Kampas Rem

Kampas rem merupakan salah satu komponen mobil yang sangat vital keberadaannya karena berfungsi untuk mengatur pengereman, memudahkan pengemudi saat melakukan pengereman mendadak hingga memudahkan saat mengemudi di jalanan yang menurun atau menanjak.

Kampas rem yang sudah habis dapat mengakibatkan rem menjadi tidak pakem dan muncul suara dan getaran saat pengendara menginjak rem.

Untuk itu kanvas rem perlu diganti saat melakukan servis rutin mobil. Umumnya penggantian kampas rem mobil sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km / 2 tahun agar kualitas pengereman serta keamanan berkendara terjaga dengan prima.

 

Ganti Kampas Rem Pakai Harga Promo >>

  1. Kampas Kopling

Selain kampas rem, kampas kopling juga harus rutin dilakukan pengecekan. Kampas kopling yang habis akan membuat perpindahan gigi terasa berat dan juga akan tercium bau gosong. Idealnya kampas kopling perlu diganti saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 hingga 50.000 km.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Servis Rutin Mobil?

Biasanya servis mobil harus dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km, 15.000 km dan 20.000 km.

Dan setelah berumur satu tahun, mobil juga harus rutin dilakukan tune up. Biasanya tune up dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap 5.000 km guna menjaga performa kendaraan.

Bagi Anda yang ingin servis rutin mobil dan tune up mobil dengan harga murah dan berkualitas. Anda bisa menggunakan otomall.id.

Otomall.id menghadirkan pelayanan tune up yang meliputi penggantian oli mesin dan filter oli, pembersihan ruang bahan bakar (carbon clean), pembersihan throttle body (opsional), pengecekan dan pembersihan filter-filter, pelumasan engsel-engsel dan pengecekan mesin.

Anda juga tidak perlu khawatir karena Otomall.id menjalin kemitraan khusus dengan bengkel-bengkel terpercaya pilihan, yang memastikan Anda bisa mendapatkan harga dan kualitas servis mobil yang terbaik dan termurah.

Sebagai perbandingan, harga servis mobil Avanza dan Agya di otomall.id adalah Rp 220.000, Innova Rp 250.000. Di bengkel resmi, servis mobil Avanza Rp 580.000, Agya Rp 460.000, Innova Rp 810.000. Sedangkan di bengkel umum, servis mobil Avanza Rp 300.000, Agya Rp 350.000 dan Innova Rp 370.000.

Semua jenis dan brand mobil seperti Toyota, Honda, Suzuki, Isuzu, Ford, Hyundai, BMW, Mercedes Benz, Audi, Jaguar sampai dengan Range Rover dan brand-brand lainnya bisa di servis di otomall.id.

Sudah saatnya Anda beralih ke otomall.id dan hemat biaya servis mobil Anda sekarang juga.

 

Kembali

Apakah anda menyukai artikel ini?

Customer Reviews

Apa kata pelanggan yang telah mencoba servis menggunakan Otomall

Yanto, Fortuner 2017

Harga servis rutin di Otomall.id beneran beda jauh dibandingkan di luaran. Keahlian mekanikpun sangat memadai.

Andi, Agya 2015

Variasi parts yang disediakan lengkap, ada jaminan ori juga. Cukup puas, bakal pakai lagi untuk mobil kedua saya.