Pentingnya Kuras Oli Matic Pada Mobil

19 Agustus 2020 11.14

Pentingnya Kuras Oli Matic Pada Mobil

Mobil matic saat ini menjadi primadona khususnya di Jakarta yang sering mengalami kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Itu karena saat menggunakan mobil manual, pengendara harus sering menginjak kopling dan mengganti transmisi gigi. Hal itu akan membuat pengendara cepat lelah sehingga tingkat kenyamanan pengendara akan berkurang. Pengendara yang berkendara menggunakan mobil manual juga harus memiliki konsenterasi penuh.

Sedangkan pada mobil matic, pengendara hanya tinggal memainkan gas dan rem. Hal tersebut tentu, akan membuat pengendara tidak terlalu lelah saat mengendara menggunakan mobil matic di tengah kemacetan Jakarta. Jadi mau jalanan macet ataupun sepi, pengendara tidak akan merasakan perbedaan yang berarti.

Selain itu, kehadiran transmisi matic membuat pengemudi lebih mudah dan lebih nyaman saat melakukan manuver di perjalanan. Pada mobil matic juga terdapat engine break yang memudahkan pengendara saat menyetir di jalanan dengan turunan yang curam.

Namun dibalik itu semua mobil matic umumnya memiliki perawatan yang berbeda dengan mobil manual dan biasanya biaya yang dibutuhkan untuk perawatan mobil matic jauh lebih besar daripada mobil manual terutama dalam hal pergantian oli.

Dilansir dari Motoris, sistem transmisi otomatis mobil terdiri dari beberapa komponen. Mereka adalah torque converter, planetary gear unit, hydraulic control unit, manual linkage, automatic transmission fluida.

Disini oli berperan sebagai eksekusi akhir dalam mekanisme kerja transmisi. Cara kerja transmisi tersebut dimulai dari torque converter yang memiliki peran sebagai kopling mekanikal mentransfer semburan torsi mesin mobil melalui mekanisme pompa dan turbin. Pada bagian torque converter terdapat baling-baling yang salah satunya akan memompa oli transmisi untuk menghasilkan tekanan fluida oli. Tekanan tersebut berfungsi untuk mendorong turbin untuk menghasilkan peningkatan torsi pada turbin saat putaran mesin (rpm) meningkat, sehingga mobil bisa berjalan.

Karena itulah, oli memiliki peran penting bagi kendaraan tak terkecuali mobil matic yang harus melakukan pengurasan dan perawatan oli transmisi secara rutin.

 

Kuras Oli Matic Pakai Harga Promo >>

 

Salah satu perawatan yang harus dilakukan pemilik mobil matic adalah melakukan pengurasan oli transmisi. Kuras oli matic berbeda dengan pergantian oli. Bedanya untuk ganti oli, pemilik bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara membuang cairan oli yang berada bak penampungan oli hingga kosong dan mengganti cairan yang telah dibuang dengan oli baru. Biasanya jumlah oli yang dibuang hanya sekitar 3 liter.

Sedangkan kuras oli matic, pemilik tidak bisa melakukannya sendiri sehingga mengharuskan pemilik mobil untuk membawa kendaraannya ke bengkel khusus karena tidak semua bengkel bisa melakukan kuras oli. Nantinya teknisi akan membuang oli yang berada di dalam sirkulasi dan tabung dengan alat khusus dan jumlah yang dibuang pun lebih banyak daripada pergantian oli yakni 8 hingga 12 liter tergantung jenis mobil. Karena itu, oli pengganti yang dibutuhkan tentu lebih banyak. Waktu yang dibutuhkan untuk menguras oli dan menggantinya yang baru adalah sekitar 40 hingga 1 jam. Dan tentu biaya kuras oli yang dibutuhkan juga lebih banyak daripada saat pergantian oli biasa.

Sayangnya, banyak pemilik mobil matic yang malas melakukan pengurasan oli. Padahal oli matic bisa menjadi mengental dan menghitam sehingga menghasilkan kualitas oli yang buruk. Hal tersebut berdampak pada kendaraan karena bisa memperpendek usia pakai dan kerusakan pada transmisi matic.

Ada juga pemilik kendaraan yang tidak tahu mengenai pentingnya kuras oli matic dan hanya menambahkan atau mengganti olinya saja. Padahal kalau hanya mengganti oli tanpa mengurasnya, maka oli transmisi yang menghitam akan turut membuat oli baru menghitam juga.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan warna kondisi oli transmisi ialah dengan menggunakan stick oli transmisi (dipstick). Caranya nyalakan mobil hingga mesin menghangat lalu cabut stick oli transmisi lalu bersihkan bagian ujung yang tercelup oli. Lalu perhatikan warna oli yang menempel pada stick. Rasakan juga tekstur oli, apakah memiliki kekentalan yang normal atau tidak.

Jika saat dilakukan pengecekkan terdapat bau terbakar, oli yang sudah berwarna hitam pekat dan terdapat serbuk logam. Maka ada kemungkinan jika transmisi dalam bahaya kerusakan.

Untuk itu pemilik mobil matic, harus mengetahui tanda-tanda jika oli mobil sudah harus dikuras. Yang pertama mobil tidak kuat dikendarai pada medan yang menanjak (tanjakan), kedua tarikan mobil tersendat, ketiga perpindahan gigi menjadi sulit, dan terakhir oli sudah berubah warna menjadi hitam pekat.

Oli mobil matic, sebaiknya dikuras saat mobil sudah mencapai 80 ribu km/ 4 tahun. Namun saat ini kuras oli matic, tidak perlu lagi digantungkan pada jarak tempuh kendaraan. Itu karena kondisi jalanan di Indonesia khususnya ibukota Jakarta yang mengalami kemacetan parah. Karena itu, sebaiknya pemilik mobil matik tidak lagi melihat jarak tempuh sebagai tolak ukur saat melakukan pengurasan oli transmisi. Selain itu gesekan pada plat besi dan kampas kopling saat kopling transmisi matic bekerja menghadirkan residu kotoran yang bisa menumpuk.

Itu karena pengaruh suhu mesin yang tinggi saat mengalami kemacetan sehingga suhu oli matic akan naik saat pemakaian dan mengakibatkan daya lubrikasi oli berkurang. Akibatnya, oli akan menghitam dan mengental.

Jika mobil sering menghadapi kemacetan, maka pemilik mobil matic bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengurasan saat mobil belum mencapai jarak tempuh 80 ribu km. Itu bertujuan untuk meminimalisir penurunan kualitas transmisi mobil matic. Selain itu ganti oli transmisi sesuai dengan spesifikasi mobil.

Karena pengurasan oli merupakan satu hal yang vital bagi mobil matic, maka pemilik kendaraan tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada transmisi matic. Untuk itu diperlukan kehati-hatian dan juga orang yang sudah berpengalaman melakukan kuras oli matic. Jika mobil matic sudah mengalami kerusakan, maka tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak lagi karena kerusakan tersebut akan merembet ke berbagai komponen.

Salah satu tanda jika transmisi mengalami kerusakan adalah konsumsi bahan bakar yang berlebihan dan boros, tarikan terasa berat hingga terasa hentakan keras saat perpindahan gigi.

Jika tidak ingin mobil matic kesayangan Anda mengalami kerusakan, bawalah mobil matic Anda ke bengkel terpercaya salah satunya yang bisa Anda temui otomall.id. Di otomall.id, Anda bisa mendapatkan oli matic dengan harga lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi dan bengkel lainnya.

Otomall.id juga bekerja sama dengan bengkel-bengkel pilihan terpercaya. Selain itu otomall.id juga memberikan garansi 100% keaslian produk dan juga garansi servis dalam hal sparepart dan jasa selama 7 hari.

 

Kuras Oli Matic Pakai Harga Promo >>

 

Sebagai perbandingan, biaya kuras oli matic di bengkel resmi berkisar Rp 1.150.000 hingga Rp 1.450.000 dan di bengkel biasa berada di harga Rp 860.000 hingga Rp 1.200.000 sedangkan di otomall.id biaya kuras oli matic hanya berkisar Rp 690.000 hingga Rp 960.000.

Perbedaan biaya kuras oli tersebut cukup jauh bukan? Jadi tunggu apalagi? Kuras oli matic Anda menggunakan otomall.id sekarang juga. Jangan sampai menunggu kerusakan pada mobil.

 

Kembali

Apakah anda menyukai artikel ini?

Customer Reviews

Apa kata pelanggan yang telah mencoba servis menggunakan Otomall

Yanto, Fortuner 2017

Harga servis rutin di Otomall.id beneran beda jauh dibandingkan di luaran. Keahlian mekanikpun sangat memadai.

Andi, Agya 2015

Variasi parts yang disediakan lengkap, ada jaminan ori juga. Cukup puas, bakal pakai lagi untuk mobil kedua saya.