Tips Merawat Transmisi Mobil Matic Agar Berkendara Tetap Nyaman

16 September 2020 11.08

Bagi Anda yang memiliki mobil matic, maka harus paham cara merawat transmisi mobil matic yang baik agar dapat menjaga performa mobil yang tetap aman dan nyaman digunakan. Seperti yang diketahui, mobil matic memiliki banyak penggemar saat ini.

Selain karena mudah digunakan, mobil matic yang hadir belakangan terkesan lebih praktis daripada mobil bertransmisi manual yang terdahulu. Selain itu, Perawatan transmisi mobil matic akan semakin menguntungkan, karena lebih mudah dan efisiensi waktu dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Namun, meskipun mudah bukan berarti harus disepelekan atau dipandang sebelah mata. Perawatan transmisi mobil matic harus tetap rutin dan benar. Bagi Anda yang memiliki mobil matic, berikut ini tips merawat transmisi mobil matic Anda dari otomall.id.

 

Ganti Oli Matic Secara Teratur

Salah satu cara merawat transmisi mobil matic yang tidak boleh Anda abaikan adalah untuk ganti oli matic secara teratur. Tolak ukur penggantian oli bisa dilakukan berdasarkan hitungan jarak tempuh atau lama penggunaan mobil. Otomall.id merekomendasikan agar Anda ganti oli matic setiap 40.000km atau 2 tahun pemakaian. Selain ganti oli matic, Anda juga perlu melakukan kuras oli atau flushing oli matic, khususnya setelah 80.000 km / 4 tahun.

Saat ganti oli matic, pastikan Anda memperhatikan kualitasnya, jangan sampai Anda menggunakan oli yang kualitasnya buruk. Setelah mengganti oli, Anda juga harus rutin mengecek kondisi oli transmisi. Dalam melakukan pengecekan, Anda dapat melakukannya dengan menempatkan mobil di bidang rata.

Periksa kondisi oli transmisi mobil dari dipstick. Jika volume oli ada di bawah garis oli rendah, maka bisa jadi terjadi kebocoran pada mobil Anda. Jika hal ini, terjadi segera hubungi bengkel untuk melakukan service mobil matic Anda.

Jika oli mengalami perubahan warna menjadi coklat susu, artinya oli sudah tercampur dengan air. Dalam kondisi ini, Anda juga harus melakukan ganti oli matic untuk mobil Anda.

 

Ganti Oli Matic Pakai Harga Promo >>

Posisikan Tuas Transmisi Secara Tepat

Selain memperhatikan kondisi oli transmisi, cara merawat transmisi mobil matic adalah dengan memposisikan transmisi secara tepat. Ketika mobil berhenti, seperti di tengah kemacetan atau di lampu merah, maka pastikan tuas transmisi diposisikan ke Netral (N).

Jangan membiasakan tuas transmisi ada pada posisi Drive (D) ketika sedang berhenti. Saat posisi transmisi pada posisi D dan mobil sedang berhenti, maka bisa menyebabkan kanvas kopling terus bergesekan. Akibatnya, kanvas kopling akan cepat aus dan transmisi otomatis tidak akan bisa bekerja secara optimal lagi.

 

Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan mobil sudah menjadi kebiasaan di pagi hari, khususnya bagi masyarakat yang sibuk dengan bisnis dan pekerjaan di kota-kota. Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan bisa membuat performa mobil tetap prima. Dengan memanaskan mobil terlebih dahulu, maka transmisi mobil matic bisa lebih awet.

Namun, perhatikan tuas transmisi mobil matic Anda. Pastikan tuas transmisi sudah diposisikan ke N ketika mobil akan dipanaskan. Meski terdengar sepele, namun pelanggaran terhadap cara ini akan sangat berpengaruh terhadap usia penggunaan transmisi mobil matic Anda.

 

Melakukan Uji Kelayakan

Perawatan transmisi mobil matic dilakukan dengan uji jalan atau uji kelayakan yang dilakukan dalam selang beberapa bulan sekali. Caranya sederhana, Anda hanya perlu menjalankan mobil kemudian secara bergantian memindahkan persneling.

Apabila Anda mendengar suara bising saat melakukannya, maka anda perlu waspada karena ada yang salah pada bagian transmisi mobil Anda. Maka dari itu, anda perlu membawa mobil matic ke bengkel terpercaya.

 

Jangan Tancap Gas Secara Tiba-tiba

Kebiasaan tancap gas secara tiba-tiba ketika akan pergi menggunakan mobil harus Anda hindari agar transmisi mobil matic tetap awet. Sistem pada di perangkat transmisi mobil matic memerlukan waktu beberapa detik untuk memberi tekanan dari oli ke mesin konverter torsi. Dalam tahap ini, dibutuhkan keseimbangan tekanan.

Kebiasan ini bisa memberikan tekanan besar yang diberikan secara mendadak kepada kinerja sistem yang belum selesai, sehingga katup solenoid bisa mengalami kerusakan.

Maka itu, Anda jangan langsung injak pedal gas secara dalam-dalam ketika akan pergi menggunakan mobil. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, maka kualitas katup solenoid bisa tetap terjaga dengan baik, dan pasti performa transmisi mobil matic Anda akan tetap terjaga.

 

Performa mobil matic kesayangan Anda perlu diperhatikan untuk kenyamanan Anda dalam menggunakannya. Sebisa mungkin, pastikan Anda memahami dan mempraktekkan cara-cara merawat transmisi mobil matic di atas.

Imbangi juga dengan service mobil secara rutin. Sekarang, Anda bisa melakukan service mobil dengan praktis dan mudah melalui situs otomall.id. Anda akan mendapatkan banyak pelayanan seperti ganti oli matic, flushing oli matic, ganti ban, dan sparepart mobil lainnya.

Selain itu, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan beberapa promo dari otomall.id seperti diskon hingga 40% biaya ganti oli matic.

Ganti Oli Matic Pakai Harga Promo >>

 

Kembali

Apakah anda menyukai artikel ini?

Customer Reviews

Apa kata pelanggan yang telah mencoba servis menggunakan Otomall

Yanto, Fortuner 2017

Harga servis rutin di Otomall.id beneran beda jauh dibandingkan di luaran. Keahlian mekanikpun sangat memadai.

Andi, Agya 2015

Variasi parts yang disediakan lengkap, ada jaminan ori juga. Cukup puas, bakal pakai lagi untuk mobil kedua saya.